Selamat datang para blogger..
Salam Brebet untuk para pencinta motor tua..

Minggu, 20 Februari 2011

History of Indian Motorcycle

Warna merah memang identik dengan sifat berani, seperti juga ditunjukkan oleh pabrikan otomotif pada masa-masa yang lalu hingga masa sekarang. Beberapa Perusahaan Sepeda motor memilih warna ini sebagai ciri khas produknya, seperti Ducati dan Honda. Warna ini juga pernah digunakan pada awal-awal dimulainya industri sepeda motor. Sebagai contoh pada Sepeda Motor yang akan saya sampaikan berikut ini :wink:
Sejarah singkat Sepeda Motor Indian, pada awal tahun 1900 ada dua orang bernama Oscar Hedstrom dan Oliver Hendee. Keduanya aktif menekuni perlombaan balap motor dunia pada waktu itu. Dua orang tersebut akhirnya sepakat untuk mendirikan perusahaan bernama Hendee Manufacturing Company dan membuat  prototype pertama sepeda motor Indian pada Tahun 1901.
Sepeda motor pertama tersebut menggunakan mesin satu silinder dengan penggunaan desain ‘F-head’ (inlet over exhaust) yang terpasang pada rangka sepeda berbentuk diamond.
pada Prototype Indian ini posisi blok mesin yang miring tersebut sekaligus digunakan sebagai frame penyangga tempat duduk .
Salah satu fitur yang dianggap canggih pada masa awal munculnya sepeda motor adalah penggunaan rantai sebagai penggerak roda diawali pertama kali oleh Sepeda motor Indian ini. :shock:
Sepeda motor Indian satu silinder ini terbukti sukses dan menjadi dasar sebagai pengembangan Produksi Indian selanjutnya dengan kapasitas lebih besar dan penggunaan konvigurasi V-Twin yang sangat populer.
Sepeda motor Indian V-Twin pertama kali dibuat Tahun 1907 dengan kapasitas 633 cc dengan menggunakan basis mesin single sebelumnya.
Varian twin pertama diatas dibuat juga versi racingnya :lol:
selanjutnya ada perubahan dengan penggunaan katup/valve mekanis pada tahun 1908. Penggunaan mesin Twin belakang sebagai bagian dari rangka terus berlajut hingga tahun 1909, sampai pada akhirnya bentuk rangka tersebut diadopsi oleh pesaing beratnya Harley-Davidson pada motor produksi mereka.
Pada tahun yang sama mulailah diproduksi “Big twin” dengan kapasitas 988 cc, pada tahun 1913 Perusahaan motor Indian menjadi perusahaan terbesar di dunia dengan jumlah angka produksi mencapai 35.000 unit mesin berdasarkan klaim pabrikan.
tambah satu lagi nih!
Indian masih terus berproduksi hingga tahun 50an dengan satu contoh yang terkenal adalah Indian Chief 1200cc 1952 seperti gambar dibawah ini.
Demikian sejarah singkat Indian Motorcycles, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar