Selamat datang para blogger..
Salam Brebet untuk para pencinta motor tua..

Kamis, 17 Februari 2011

History of Ariel Motorcycle


Ariel adalah merk sepeda, sepeda motor, dan automobile Inggris yang berbasis di Bournbrook, Brimingham, England.   Pada tahun 1902, Components Ltd mempunyai 2 divisi  Ariel : Ariel Cycle Company dan Ariel Motor Company.  Ariel Cycle Company konsentrasi pada produksi sepeda motor, sepeda motor roda tiga, dan Quadracircle (sepeda motor beroda empat) sementara Ariel Motor Company konsentrasi pada produksi mobil.  Produksi mobil dipindah ke Coventry pada tahun 1911.   Nama perusahaan kemudian digunakan kembali pada tahun 1999 menjadi Ariel ltd sebagai produsen mobil sport.

Perusahaan pertama kali didirikan pada tahun 1870 oleh James Starley (1830-1881) dan William Hillman untuk membuat sepeda.
 
Ariel membuat sepeda onthel pertama kali untuk pria pada tahun 1871 dan tahun 1874 untuk wanita.   Nama Ariel  berasal dari sepeda Ariel pertama penny farthing (diambil dari nama mata uang penny).  Karena sepedanya sangat ringan maka mereka menamakannya Ariel “roh dari langit”.   Ukuran ban depan sepeda penny farthing adalah 48 inchi (122cm) dan 30 inchi (76cm) untuk ukuran ban belakang.
 
Pada tahun 1874, pusat industri sepeda yang sebelumnya ada di Paris beralih ke Coventry dengan penemuan Starley yang membuatnya dijuluki “Bapak Industri Sepeda”.   Efeknya adalah, Inggris memimpin perkembangan sepeda motor hingga abad 20.
Perusahaan bergabung dengan Westwood pada tahun 1896.  Tahun 1897, Charles Sangster join ke perusahaan Cycle Components sebagai Direktur Utama dan mulai membuat desain-desain.  William Hillman keluar dari perusahaan dan bergabung dengan Premier Morotcycle.
Pada tahun 1898 Cycle Components membeli perusahaan sepeda Ariel dan meletakkan mesin De Dion pada sepeda beroda tiga.   Mesin diletakkan di depan as roda belakang, bukan tergantung di belakang seperti pada sepeda roda tiga yang lain masa itu.   Trike (motor beroda tiga) tersebut merupakan motor Ariel pertama, bermesin de Dion dengan 2,25 tenaga kuda yang diluncurkan pada tahun yang sama, 1898.
Pada tahun 1901, sepeda motor roda dua Ariel pertama diluncurkan, dengan mesin Minerva 211 cc dengan tenaga 1,5 tenaga kuda.
 
Pada tahun 1902, Ariel menjual sepeda motor bermesin Kerry (dibuat sejak 1901) dengan pengapian dinamo inovatif (magneto ingition) dan karburator float.   Pada tahun ini, Ariel juga mengeluarkan motor bermesin Minerva satu silinder 239cc yang mampu memproduksi tenaga 2HP.
Pada tahun 1903, Ariel menggunakan mesin single side klep berkapasitas 249cc bertenaga 2,25HP   dengan camshaft berpenggerak gir cacing yang dipasang di belakang silinder vertikal.
 
Pada tahun 1905 (versi lain menyebutkan tahun 1910), Ariel diambil alih oleh Charles Sangster yang kemudian membangun motor tiga kecepatan, dua langkah, dengan kopling dan kick starter, dan dipasarkan dengan nama “Arielette”, tetapi pabrik yang masih kecil tersebut terpaksa tutup karena pecahnya Perang Dunia Pertama.

Pada tahun 1918 (versi lain tahun 1910), Jack (anak Sangster) mengambil alih dan mengembangkan sebuah sepeda motor berkekuatan 4 tenaga kuda bermesin White and Poppe kapasitas 498cc yang terbukti berhasil dan menjadi acuan bagi motor Ariel selanjutnya hingga tahun 1926.  

Ariel V-Twin dengan mesin AKD dan MAG juga tersedia selama periode ini.   Jack memang meningkatkan cakupan sepeda motornya agar bisa menjual mesin 586 cc dan 992 cc.  Mesin-mesin yang dipakai adalah mesin yang dibeli dari produsen lain atau dipesan pada pembuat mesin lain.
 
Pada tahun 1926, Jack membujuk desainer JAP yaitu Val Page untuk bergabung dengan perusahaan agar bisa mendesain produknya sendiri.  Pada masa itu, sepertinya budaya bajak-membajak tenaga ahli sudah biasa terjadi.  Pada tahun tersebut, Page mendesain mesin dan membangun mesin dari parts yang ada yang kemudian selesai dibangun pada tahun 1927.  Tahun 1826 – 1930 disebut orang sebagai masa kegelapan Ariel. 

Ariel bergabung dengan sebuah perusahaan bernama Components Ltd. tetapi usaha ini gagal dan pada tahun 1930, Jack mampu mendapatkan kembali kontrol dan mendirikan pabrik baru di Birmingham. Salah satu sepeda pertama mereka adalah Ariel Square Four bermesin kapasitas 500 cc yang dirancang oleh Edward Turner dan diluncurkan tahun 1931. 

Square Four diubah menjadi 600 cc.   Motor ini mempunyai masalah overheating dengan silinder belakang yang mengakibatkan distorsi kepala silinder.   Bisnis yang lancar membuat pundi-pundi Jack menebal hingga bisa membeli perusahaan Triumph pada tahun 1936.  Sementara itu, pendesainan kembali Ariel Square Four pada tahun 1937 menghasilkan mesin versi  OHV berkapasitas 995 cc dengan kode 4G.
 
Setelah Ariel Square Four, Edward Turner juga mendesain Ariel Red Hunter.

Selama Perang Dunia II, pabrik Ariel beralih fungsi pada produksi militer, termasuk sepeda motor perang Ariel W/NG 350 berdasarkan tipe Red Hunter dengann ground clearance (jarak ke tanah) yang lebih tinggi.
Pada 1944, perusahaan ini dijual ke BSA dan model KH 500 cc diproduksi, bersama dengan Huntmaster yang lebih kuat, yang memiliki mesin BSA A10 650 cc yang dimodifikasi.   Huntmaster terbukti handal dan mampu menempuh jarak 100 mil per jam (160 km / h), sehingga menjadi populer bagi para penggemar sespan.
Pada tahun 1953, Mark 2 Square Four mengalami desain kembali atas silinder head-nya sehingga hasilnya bisa mencapai kecepatan 100 mph.
Red Hunter menjadi dasar percobaan Sammy Miller pada tahun 1955 yang terbukti sukses dalam persaingan.
Pada tahun 1956, Jack Sangster (yang saat menjual Ariel dan Triumph kepada BSA sebenarnya tidak sekedar menjual tetapi bergabung di dalamnya) berhasil mengalahkan pimpinan BSA incumbent Sir BErnard Docker dengan skor telak 6 banding 3.    Sebagai pimpinan, Jack Sangster mengangkat Edward Turner sebagai kepala divisi otomotif yang membawahi Ariel, Triumph, dan BSA.   BSA kemudian memutuskan menutup pabriknya pada tahun 1963 untuk memindahkan produksi ke Small heats.
Pada tahun 1959, Ariel memutuskan hubungan dengan tradisi dan menghasilkan Ariel Leader, mesin dua langkah 250 cc yang habis-habisan menggabungkan keunggulan sepeda motor dengan keunggulan skuter. 
Pada tahun 1967, Ariel memproduksi sepeda motor terakhir mereka, Ariel Arrow yang kapasitasnya dikurangi

Dan pada tahun 1970, BSA mengeluarkan motor dengan nama Ariel 3, sebuah trike kecil berkapasitas 49 cc, 2 langkah.  Motor ini juga tidak cukup berhasil di pasaran terbukti dengan singkatnya masa produksi. 
Beberapa tipe motor Ariel yang terkenal antara lain :
Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Ariel_%28vehicle%29
http://www.arielnorthamerica.org/earlyyears.htm
http://www.motorbike-tours.co.uk/ariel.htm
http://www.mattsb.com/Ariel/ariel.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar