Selamat datang para blogger..
Salam Brebet untuk para pencinta motor tua..

Rabu, 16 Februari 2011

History of Triumph Motorcycle

Triumph adalah perusahaan milik swasta Inggris dengan lebih dari 100 tahun sejarah. Triumph selalu memiliki karakter tersendiri dan sejarah menciptakan sepeda yang menjadi klasik desain sejak mereka pertama kali datang ke pasar di tahun 1900. Seperti bagian dari industri sepeda motor Inggris, Triumph bangkrut pada tahun 1980-an, tapi kemudian dibangkitkan lagi pada tahun 1990-an oleh industrialis Inggris John Bloor.

Sejarah berdirinya perusahaan ini dimulai ketika pada tahun 1883 Siegfried Bettmann pindah ke Coventry Inggris dari Nuremberg, Jerman. Tahun 1884 Bettmann mulai mendirikan sebuah perusahaan ekspor-impor. Pada mulanya dia mengimpor mesin jahit Jerman dan juga menjual sepeda badged dengan nama "Bettmann."

Tahun 1887 perusahaan Bettmann mengalami perubahan nama ke New Triumph Co Ltd (Selanjutnya akan diubah lagi menjadi Triumph Siklus Co Ltd) dengan investor utamanya adalah John Dunlop, seorang dokter hewan Skotlandia yang, walaupun sebentar, memegang paten untuk ban pneumatik. Kemudian seorang insinyur Jerman, Mauritz Schulte, bergabung dalam Triumph. Dia meyakinkan bahwa Triumph Bettmann harus merancang dan menghasilkan produk sendiri. Oleh karena itu pada tahun 1888 Perusahaan membeli pabrik pembuatan pita-tua di Coventry dan di set untuk membuat sepeda.
1895 Schulte mengimpor salah satu sepeda motor, yang dibuat oleh Hildebrand dan Wolfmuller, untuk dipelajari konstruksi mesinnya. Triumph menganggap membuatnya di bawah lisensi, tapi dalam hukum Inggris, kendaraan bermesin (sepeda motor ) dibatasi kecepatannya hanya 4 mph batas kecepatan.

Tahun 1902 Dengan pencabutan Undang-undang Lokomotif pada akhir abad ke-19, Schulte menetapkan untuk merancang sepeda motor sendiri. Pertama Triumph memproduksi sepeda yang dilengkapi dengan mesin Minerva 2-hp yang dibuat di Belgia. Tahun 1903 Triumph membuka anak perusahaan di Jerman untuk membangun dan menjual sepeda motor di sana yang mana dari segi mesin lebih baik yang berasal dari JAP (inisial James A. Prestwich.)
1905 Triumph memproduksi sepeda motor pertama sepenuhnya di-rumah. Ini didukung oleh mesin 3-hp dan memiliki kecepatan tertinggi 45 mph.

1907 produksi tahunan mencapai 1.000 unit. Sebuah motor 450cc baru yang mempunyai tenaga 3,5 hp.

1908 Sebuah model baru dilengkapi dengan katrol variabel untuk mempermudah mengubah gigi sehingga pengendara tidak perlu berhenti sama sekali.

1910 Triumph membuat kemajuan besar dengan 'mesin bebas' (pada dasarnya, kopling praktis pertama) yang memungkinkan pengguna untuk memulai menyalakan mesin dengan berdiri. Ada dua model dalam lineup, dan penjualan mencapai 3.000 unit. 1911 sepeda Kebanyakan hanya dilengkapi dengan footpegs, bukan pedal.

1913 Schulte membangun prototipe 600cc Twin vertikal.

1914 Meskipun koneksi kuat ke Jerman, Triumph dipilih oleh Kolonel Claude Holbrook untuk memasok sepeda motor ke inggris. Triumph menjual 30.000 sepeda motor untuk militer selama Perang Dunia I.

1919 Schulte meninggalkan perusahaan, dengan paket pesangon sangat murah. Dia digantikan oleh Kolonel Holbrook.

1920 Triumph memproduksi SD Jenis 550cc, sepeda pertama perusahaan untuk fitur roda belakang rantai-driven. SD adalah singkatan dari Spring Drive - itu adalah versi awal drive Kusy.

1921 pelek rem sepeda-gaya digantikan oleh drum rem. Sepeda baru perlu rem yang lebih baik, karena mereka sekarang mempunyai lebih banyak kekuatan - terutama hp prototipe 20-Model R, dengan kepala empat-katup. Hal ini dikenal sebagai Riccy "" setelah salah satu perancangnya, Frank Ricardo.

1923 The 350cc Model LS adalah Triumph pertama dengan minyak pompa digerakkan oleh motor. (Sampai saat itu, pengendara harus pompa minyak dengan tangan.) 1925 Model 500cc P dengan harga yang terjangkau dan mampu meraup sukses komersial. Triumph kemudian menjual sebagian saham mereka, tapi hal ini membuat pemilik kecewa karena kualitasnya menjadi buruk dan membuat reputasi perusahaan yang dirugikan. 1929 pasar saham Wall Street mengalami kejatuhan yang menyebabkan Triumph menjual anak perusaaannya di Jerman.

1930 Di bawah tekanan dari kreditur, Bettmann digantikan sebagai kepala perusahaan.

1932 desainer Val Page bergabung dalam perusahaan dan menciptakan beberapa motor baru, termasuk dua-stroke 150cc dan 250, 350, 500cc empat-stroke.

1933 upaya pertama Page membuat mesin dua silinder (Twin) 650cc mengalami kegagalan.

1936 Triumph membagi produksinya menjadi dua divisi yaitu mobil dan sepeda motor. Jack Sangs yang telah memiliki Ariel, membeli bisnis sepeda motor dan langsung menyewa Edward Turner (yang sebelumnya menciptakan Ariel Square Four) sebagai desainer kepala. Sangs kemudian mengangkat Bettmann sebagai kepala perusahaan.

1937 Turner memperkenalkan Speed Twin 498cc (T100) yang memiliki kecepatan tertinggi lebih dari 90 mph. Ini adalah sepeda motor populer di Inggris dan hal ini berlangsung lebih dari 40 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar